Ciri Panas Dalam menurut ilmu pengobatan Cina

Tidak ada komentar 530 views

Ciri Panas Dalam menurut ilmu pengobatan Cina

Ciri Panas Dalam

Ciri Panas Dalam

Ciri Panas Dalam, Ketika orang Cina menggunakan istilah ‘Panas’ atau ‘panas dalam’ untuk menggambarkan Ciri Panas Dalam melalui jenis makanan yang beresiko atau tidak, kebanyakan orang awam mungkin akan tidak tahu apa konsep-konsep yang atau banyak bagi orang awam dengan istilah dan metode yang mungkin terlihat dan terdengar asing.
Dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM), gagasan panas (yang) (sebagai lawan dingin atau yin) terkait dengan Ciri Panas Dalam menurut keseimbangan ‘yin’ dan ‘Yang’. Untuk kebanyakan orang, terutama orang Cina, di negara-negara Asia seperti China, Hong Kong, Malaysia dan Singapura, konsep tersebut sangat banyak bagian dari budaya asli dan biasanya digunakan sebagai bentuk mengekspresikan set tertentu gejala atau Ciri Panas Dalam sering dikaitkan dengan reaksi emosional atau fisik seperti:

  • Perasaan mudah tersinggung
  • Mudah marah
  • Demam
  • Sembelit
  • wajah Flushed atau pipi
  • urine kuning gelap
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung berdarah
  • Wabah jerawat dan jerawat
  • Ruam
  • borok Mulut
  • Gangguan pencernaan.

Berlebihan “dingin” energi dalam tubuh, sebaliknya, akan membuat kita merasa lemah, lesu, lelah dan gelisah.

Keadaan setiap orang dipengaruhi oleh faktor bawaan serta kebanyakan diperoleh dari gaya hidup (misalnya: diet, tingkat stres, jumlah aktifitas dan tidur, lingkungan hidup), dan ini bervariasi dari orang ke orang. Dengan kata lain, makanan yang berbeda berpengaruh terhadap tubuh manusia dengan cara yang berbeda dan mempengaruhi keadaan kesehatan kita. metabolisme tubuh, berfungsi organ dan struktur organ semua bergabung untuk menentukan kerentanan untuk efek makanan yang panas (yang) atau dingin (yin).

Contoh makanan dingin dan panas:

Makanan dingin (yin):

Rebung, pisang, labu pahit, kerang, kepiting, jeruk, selada, kesemek, garam, rumput laut, belimbing, tebu, chestnut air, semangka, akar teratai, mentimun, barley, bean curd, telur ayam putih, marjoram, tiram , pear, peppermint, lobak, strawberry, jeruk, dan yoghurt, brokoli, kembang kol, zuccini, jagung, tomat, nanas, kunyit.

Makanan Netral (seimbang yin dan yang) :
Madu, jagung, abalone, aprikot, daging sapi, bit, jamur hitam, ikan mas, wortel, seledri, kuning telur ayam, cumi-cumi, bebek, ara, kacang merah, buah teratai dan biji, susu, zaitun, tiram, pepaya, daging babi, kentang , labu, daun lobak, kacang merah, plum, biji bunga matahari, nasi manis, ubi jalar, jamur putih, kedelai kuning, salju kacang, talas, buah ara, kismis, sage, rosemary, thyme, beras merah, apel.

Makanan Panas (yang) :

Merica, kulit kayu manis, jahe, minyak kedelai, paprika merah dan hijau, ayam, biji aprikot, gula merah, cherry, cokelat, lokio, ranting kayu manis, cengkeh, kelapa, kopi, ketumbar (Cina peterseli), tanggal, dillseed, belut, bawang putih, jeruk kupas, bawang hijau, jambu biji, ham, daun sawi, daun bawang, lengkeng, daging kambing, pala, peach, raspberry, rosemary, udang, spearmint, kemangi manis, tembakau, cuka, walnut, nangka, durian, daun bawang, bawang merah, daun bawang, apricot, blackberry, kismis hitam, mangga, peach, ceri, jeruk mandarin, anggur.

Bagaimana makanan disiapkan itu juga merupakan hal yang penting. Misalnya daging sapi dianggap sebagai makanan yang netral, tetapi jika Anda mengolahnya dengan cara goreng atau panggang, maka itu akan dianggap sebagai makanan panas. Selain itu, ada beberapa pedoman umum yang menarik untuk menentukan Ciri Panas Dalam apakah makanan tertentu adalah makanan panas atau dingin:

Kategori makanan panas (yang):

  • tumbuh di bawah terik matahari
  • manis
  • memiliki banyak lemak
  • kaya natrium
  • sulit, kering atau pedas.

Kategori makanan panas (yin):

  • tumbuh di bawah sinar kecil;
  • asin;
  • ramping;
  • kaya kalium;
  • lembut dan basah

Panas dalam dan dingin adalah pengaruh dari makanan mengacu kapasitas mereka untuk menghasilkan sensasi – baik panas atau dingin dalam tubuh kita. Mereka tidak merujuk pada keadaan makanan tapi efeknya pada tubuh kita. Misalnya, teh adalah makanan pendinginan. Ini berarti bahwa itu menghasilkan energi dingin dalam tubuh kita. Untuk mencari keseimbangan dalam diet, kita bisa mengklasifikasikan makanan sebagai didominasi yin atau yang. Oleh karena itu, jika Anda makan makanan terutama yin, tubuh Anda akan mampu menghasilkan hanya energi dingin, sebaliknya, makan terutama makanan Yang menghasilkan energi panas. Jika seseorang menderita rematik dingin, makan makanan dengan energi yang hangat atau panas akan sangat membantu. Jika kondisi jerawat seseorang memburuk akibat konsumsi makanan yang digoreng, itu bermanfaat untuk makan makanan pendinginan untuk melawan panas dalam dan menghilangkan gejala. Oleh karena itu, untuk mencapai keseimbangan yin-yang dalam diet, hampir alami untuk Cina untuk memiliki segelas jelai lemon atau melon musim dingin (pendingin) minum untuk pergi dengan sepiring (panas) nasi goreng, atau semangkuk (panas) mie pedas dengan beberapa (pendinginan) buah-buahan seperti buah bintang atau air melon.

Konsep Ciri Panas Dalam menurut ilmu pengobatan cina tidak berarti atau relevan dalam paradigma pengobatan barat. Namun, diyakini bahwa ada beberapa sejajar dengan Acid (panas) dan basa (dingin) keseimbangan, atau proton dan muatan positif (panas) dan pendinginan (elektron dan muatan negatif). Ketika ilmu Kedokteran berkembang. dokter medis konvensional di barat telah lama mulai mengintegrasikan dan belajar tentang pengobatan alternatif atau obat-obatan dan menggabungkannya ke dalam praktek mereka. Hari ini mereka percaya bahwa pendekatan medis baru yang bermanfaat dan efektif dalam banyak cara.

Minuman Pear cina & Tonic Madu
Minuman Pear cina & Tonic Madu, menurut TCM, adalah “netral” makanan, yang itu tidak panas atau dingin (seimbang yin dan yang). Ini adalah makanan yang cocok untuk anak-anak dan orang-orang yang memiliki kondisi tubuh yang lemah.

Sup Pear madu ini adalah apa yang teman-teman saya akan mengingatkan saya untuk membuat sendiri ketika saya memiliki batuk. Hal ini baik untuk menghaluskan paru-paru dan memuaskan dahaga. Sup yang ideal bagi mereka yang memiliki jam kerja yang panjang atau cenderung merasa heaty.
Bahan:

2 Pir Cina / Pir Jepang

4-6 Tanggal Merah

1/2 sendok makan gou qi zi (Wolfberry buah)

10g Direndam Jamur Putih

1 sendok makan Sweet & Bitter Almond

6 Strips dari Sha Shen

1 liter Air

Sekitar 2 sendok makan madu

_________________________________

petunjuk:

1. Cuci semua bahan herbal.

2. Kupas dan belah tengah buah pir. Kemudian dipotong menjadi empat dan dimasukkan ke dalam panci double boiler.

3. Bawa air mendidih di panci lain dan tambahkan semua bumbu dan jamur putih. Biarkan mendidih selama sekitar 5 menit.

4. Tuang bumbu bahan ke dalam panci yang berisi pir dan biarkan mendidih ganda dalam kompor lambat selama sekitar 3 jam.

5. Matikan api, biarkan agak dingin dan tambahkan madu sebelum minum sup.

Resep ini untuk 3 orang.

Bahan yang digunakan dalam resep di atas sangat umum dan Anda dapat dengan mudah menemukan mereka di Toko bahan obat obatan cina.
Sweet & Almond pahit (南北杏):

Manis almond rasanya manis dan netral alami, sedangkan almond pahit rasanya pahit dan hangat alami. Mereka berdua berkhasiat untuk menyembuhkan batuk dan mengusir dahak.

Sha Shen (沙参):

Manis dan sedikit dingin, melembabkan paru-paru, berhenti batuk, membantu untuk menurunkan demam dan dan meningkatkan nafsu makan.

Jamur Putih (雪耳):

Rasanya sedikit manis dan netral alami. Ini menguntungkan limpa, memperkuat perut dan mengusir panas dalam. Ini menenangkan jiwa, mencegah penyakit insomnia.

Sumber: dari sini

author
Penulis: 

Tinggalkan pesan "Ciri Panas Dalam menurut ilmu pengobatan Cina"